Apakah semua orang bisa jualan ?

 

Pertanyaan ini muncul karena saya pernah mendengar seorang mengatakan bahwa setiap orang itu bisa jualan. Tapi pada kenyataanya, banyak kawan saya yang tidak bisa jualan. Jangankan jualan, buat say hello sama teman lama saja segan.

Saya ingat saat itu tahun 2017. Kami alumnis KEMENLU BEM UNPAD, mengadakan Buka Bersama. Obrolan diatas meja yang terjadi ngga jauh dari seputar politik, asmara dan bisnis. Saat saya lempar pertanyaan
“apa semua orang bisa jualan..?”
hampir semua bilang “ngga lah.., aku ngga bisa. Rasanya malu buat nawar-nawarin itu..”

Disela-sela meeting dengan beberapa teman yang berkarir didunia profesi saya pun ngobrol,
“apa semua orang bisa jualan..?”
jawabannya relatif sama “ngga lah.., “

Jadi menurut saya, tidak semua orang bisa jualan. Ada yang bisa namun juga ada yang memang tidak bisa. Seperti halnya, ada orang yang bisa bikin masakan enak, ada yang sekedar bisa masak. Itu realitas yang harus diakui ada.

Ngga semua ko bisa jualan.., ada yang bisa dan ada yang ngga bisa. Kalau anda ngga bisa, jangan merasa bersalah dan merasa rendah. Berdamai saja dengan diri. Akui ngga bisa jualan, namun tetap cari solusi atas kebutuhan bisnis atau jualan anda.

Ini saran saya buat anda yang merasa ngga bisa jualan..

1. Minta bantuan mediator.

Jualan itu kan banyak macamnya. Ada hard selling, ada soft selling. Ada direct selling ada branding. Ada offline ada online. Ada sales latter ada juga funneling. Intinya macam-macam. Anda ngga mungkin kan mempelajari teknik jualan itu dalam waktu dekat? Apalagi anda memiliki kebutuhan mendesak misalnya. Jika demikian maka, anda ngga udah merasa rugi unttuk meminta bantuan mediator. Sebab mediator sangat mungkin memiliki kemmapuan-kemampuan selling, sehingga anda tinggal bagi hasil atau siapkan komisi saja.

Bulan maret 2019 lalu keluarga saya memiliki tanah yang ingin dijual. Dan keluarga ngga ada yang pinter jualan. Dominan mereka adalah dokter dan PNS. Jadi saya lah diminta untuk menjadi mediator menjualkan tanah. Saya ditawari hal itu? Enjoy aja. Siap jawab saya. dan Alhamdulillah sedang transaki di notaris. Tanahnya ada yang laku terjual. So anda ngga perlu pinter jualan untuk menjual prodak. Anda bisa minta bantu mediator

2. Jadi pemodal

Saya menulisnya pemodal ya, bukan investor. Karena angka yang kita bicarakan masih jutaan-ratusan juta jadi kita sebut aja pemodal ya.

Anda ngga bisa jualan, tapi anda tau kalau mau dapat uang cepat dan besar ya jualan. Maka caranya adalah jadilah pemodal. Seperti langkah satu, anda temukan orang-orang seperti saya ini. Yang ngga sungkan untuk mepromosikan produk. Ngga baperan ditolak. Ngga ciut dicuekin.

Makan dan ngopi-ngopilah sama mereka. Gali inforamasi dari mereka. Projek apa yang sedang dia jalankan. Bagaimana cara dia berbisnis. Bagaimana kepribadian dia. Jika dirasa ada serasi, stimulus orang ini untuk berbagi projek. Berikan mereka kode bahwa anda tertarik berbisnis namun hanya sebatas pemodal.

Sampai nanti akhirnya anda memodali sebuah projek dan mendapatkan 305-50% keuntungan. Untung kan? Ngga usah selling, cukup make deal dengan seller keren.

So teman-teman semua keep calm saja, anda ngga bisa jualan bukan berarti ngga bisa making money. Bangun networking dengan seller seller keren. Karena networking is monetizing

Salam hangat dari saya..
Abbas Baskara

 

 


Yuk Kerjasama, Terdapat ratusan peluang income tambahan yang saya infokan di group Mitra Bisnis dan Channel Telegram Mitra Bisnis. Klik dan mari kita bertumbuh bersama.

 

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *