Mengenal Trick Kecil Namun Impactfull Terhadap Peningkatan Penjualan

Meningkatkan jumlah penjualan merupakan target semua bisnis. Peningkatan penjualan ini bisa dicapai salah satunya dengan melakukan Cross Selling.

Bentuk dari Cross Selling yang sering kita jumpai misalnya, ketika kita membeli kamera digital Customer Service akan menawararkan “mau sekalian dengan tas kameranya pa?”. Pernah menjumpai hal demikian ?

Atau anda pergi ke barber shop untuk mencukur rambut. Setelah dicukur, pencukur bilang “ model seperti ini bagus dalam kondisi basah mas. Pakai minyak rambut pomade. Disini juga ada, kita disuplay dari distributornya langsung. Mau sekalian sama minyak rambutnya mas ?

Nah itulah gambaran praktik Cross Selling. Sering kita jumpai dan mungkin kita sering jadi membeli karena penawaranny model demikian. Bagaimana apabila praktik Cross Selling ini kita lakukan pada dunia profesi kita ? apakah bisa ?

Jawaban pertanyaan diatas tentu saja BISA. Namun sebelum benar-benar ingin mempraktikan Cross Selling, anda perlu tau manfaat utama Cross Selling

  1. Meningkatkan penjualan. Penjualan meningkat tentu omzet meningkat dan laba akan ikut meningkat
  2. Bentuk pelayanan lebih bagi konsumen. Konsumen jadi dimanjakan karena kita membantu menyediakan kebutuhan yang dia butuhkan.
  3. Dapat menjadi sarana menjaga komunikasi dengan klien/konsumen. Dalam prosesnya aka nada edukasi yang mengeratkan relasi anda dengan konsumen.
  4. Dapat menjadi data base untuk merumuskan strategy baru di kemudian hari.

 

Bentuk-bentuk Cross Selling yang bisa anda lakukan

  • Anda jualan makanan ringan, tawari juga konsumena anda “mau sama kateringnya sekalian ? satu paket jadi Rp20,000 aja “
  • Anda Jual Jasa Desain. Tawari Klien anda “mau sekalian bikin tshirtnya mas? Kebetulan lagi ada potongan harga”
  • Anda jual jilbab. Tawari konsumen anda “Mau tafsir Ibnu Katsir juga mba ? buat referensi ilmu agama kita ^_^”

Lalu gimana kalau kita ga bisnis dan ga jualan?

BISA. Bisa ko, kita melakukan praktik ini meski kita tidak berprofesi sebagai entrepreneur atau pedagang. Mungkin nama yang tepat bukan Cross Selling, tapi manfaat yang didapat percis sama dengan Cross Selling yaitu mendapatkan penjualan lebih dan mendapatkan pemasukan lebih (anda yang bekerja, sedang menjual jasa anda kepada perusahaan anda bukan?).

Praktik untuk anda yang bekerja misalnya, Ketika bagian pengadaan barang atau bagian keuangan membutuhkan ATK untuk keperluan kantor, anda bisa tawari “bisa beli di tempat temen saya. Dia deket dari sini. Bagus-bagus lagi”. Atau ketika kantor anda ingin membuat seragam kantor tawari bagian yang mengurusinya “saya ada kenalan konfeksi di Bandung. Temen waktu kuliah. Konfeksinya jadi pemenang juara kontes bisnis. Di fb nya juga dia update. Nanti saya bisa bantu kontak anaknya Bu, agar dia kirim penawaran ke ibu y”.

 

Sudah tergambar ? jika anda mendapatkan projek-projek yang anda tawarkan tentu anda akan mendapat fee tambahan.

Teman-teman sesame entrepreneur atau yang sedang di dunia kerja, jika anda mau memprraktikan Cross Selling anda bisa bekerja sama dengan www.nmclothing.co.id  untuk produk pembuatan kaos family gathering misalnya.

3 kelebihan bekerjasama dengan www.nmclothing.co.id

  1. Aman. Karena projek yang berjalan mendapat garansi 100%
  2. Profesional. Memiliki support system yang mudah dijalankan untuk mitra
  3. Menguntungkan. Memberikan fee besar untuk setiap projeknya

Segera hubungi 081911976560 untuk kerjasama dan mempraktikan Cross Selling

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *