SELF TALK

Perkataan yang sering kita ucapkan dalam hati disebut self talk. self talk ini yang nanti akan menentukan apakah kita memiliki karakter seorang pemenang atau loser. termasuk apakah kita memiliki karakter seorang yg bertaqwa atau bukan orang bertaqwa.

misal saat ada kesempatan untuk curang, apa perkataan yang muncul dalam hati. mungkin saja “jangan curang lah, gua pengen menang secara terhormat.gimana gua ceritain kondisi ini ya?” atau “good! gua hajar aja. gimana caranya supaya mulus ya?”

self talk ini penting dipelajari karena hal ini adalah bagian penting yang mempengaruhi sisi psikologi kita. bahkan sampai banyak tokoh yang membicarakan self talk ini dengan istilah-istilahnya. misalnya..

-Ary Ginanjar menyebutnya Suara Hati/ Bisikan hati
-Anis Matta menyebutknya Lintasan Pikiran

apabila kita memiliki self talk seorang loser, selamannya kita akan jadi loser. perkataan dalam diri kita selalu psimis “gua ngga mungkin kayaknya bisa kaya dia” atau perkataan sudut pandang masalah teruuus “kalau gagal gimana?” “kalau nanti ditolak gimana?”
jika self talknya seperti ini terus, kita akan jadi pecundang terus. sayangnnya sering kali kita TIDAK SADAR mengatakan itu dalam perkataan hati. Seringkali orang lain yang menyadarkan kita.
———————————-

Bagaimana agar sukses?
Guru saya bilang “Miliki Self Talk orang-orang sukses”.
ubah self talk negatif yang selama ini ngga sadar sering diucapkan. ganti dengan self talk positif yang membawa emosi semangat dan optimisme.

oh ya.., karena belakang saya belajar hal ini saya jadi tau “shortcut” membiasakan diri memiliki self talk pemenang. termasuk “merekayasa” oran lain agar “Berjalan” di “Shortcut” loser. Kelihatannya lebih mudah “merekayasa” orang lain jadi loser ketimbang membangun diri jadi pemenang. disinilah ngerii nya ilmu psikologi. kalau kita ngga tau, kita bisa jadi korban.

Termasuk Proxi War ini kah Bas?
saya posting lanjutannya nanti

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *